Coretan 5 Tahun Perjalanan Saya dan Mobil123.com

Coretan 5 Tahun Perjalanan Saya dan Mobil123.com

“Tak rapuh meski riuh, tak cepat waktu didapat”, begitulah kira-kira kalimat yang menggambarkan 5 tahun perjalanan saya dan Mobil123.com.

Seperti kebanyakan tulisan di lini masa lainnya, penghujung tahun seakan menjadi momen terbaik untuk menilik apa yang terjadi dalam masa satu tahun yang dilalui. Namun kali ini Saya akan melihat jauh lebih dalam ke periode 5 tahun ke belakang. Keberhasilan melalui periode yang hebat adalah catatan yang menarik bagi Saya untuk memulai.

Mengenal industri online sejak 2009 merupakan pencapaian tersendiri bagi Saya. Dan mobil123.com menjadi bagian dari pencapaian tersebut.

Berikut coretan perjalanan saya dan mobil123.com dimulai tahun 2012 sampai dengan tahun 2017.

2012: Tahun Awal yang Hebat

Tampilan Situs Mobil123 Dibawah Naungan iProperty | Mei 2012

Lima tahun ke belakang dunia industri online tidak seramai sekarang. Tidak banyak orang yang tahu bahkan tak sedikit pun orang yang meragukan eksistensi industri berbasis online. Mengenal dunia blogging dan SEO sejak 2009 tidak serta merta juga membuat Saya tertarik untuk serius berkarir di dunia online. Terhitung butuh waktu 3 tahun untuk saya memutuskan hijrah ke Jakarta dan bekerja secara profesional di bidang agen pemasaran berbasis online.

Sejak itu pula saya mencoba menulusuri beberapa “pemain” yang serius menggarap pasar online di Indonesia. Seingat saya ada beberapa yang menarik perhatian macam Detik, Kaskus dan Tokobagus (sekarang OLX). Di dunia marketplace dua nama terakhir menjadi sorotan. Saat itu Kaskus melalui kanal FJB dan Tokobagus berhasil mencuri perhatian pasar jual-beli online.

Namun yang menjadi perhatian besar saya adalah munculnya beberapa marketplace yang memiliki niche khusus. Berbeda dengan yang lainnya, mereka “berani” hadir mengembangkan platform jual-beli online dengan kategori khusus dan pasar yang tersegmentasi. Salah satunya yakni, iProperty Group yang mondobrak Indonesia dengan menggawangi dua situs jual-beli sekaligus: rumah123.com dan mobil123.com

Pertanyaan besar di benak saya, apakah iProperty melakukan strategi yang benar? Mengingat menurut pandangan saya, segmen pasar rumah (properti) dan mobil memiliki kesamaan. Kenapa tidak membuat satu platform saja untuk keduanya? Namun saya akan mengabaikan jawaban untuk pertanyaan tersebut sampai saat ini.

Khusus untuk mobil123.com yang merupakan situs jual beli kendaraan (mobil dan motor) menjadi perhatian khusus. Saat itu (tahun 2012) segmen ini masih menjadi favorit di kanal FJB Kaskus. Namun, siapa sangka situs jual beli mobil, mobil123 berhasil mencuri perhatian.

Berbeda dengan yang lain, Mobil123 tidak hanya menyuguhkan listing iklan saja, didalamnya juga terdapat beragam berita otomotif dan menjadikannya platform lengkap bagi penggila otomotif di Indonesia.

Tercatat ada 36.006 listing kendaraan yang dijual di situs mobil123.com pada bulan Mei 2012. Iklan penjualan mobil bekas mendominasi dengan 16.399 iklan aktif. Sedangkan untuk iklan mobil baru berjumlah 1.779 listing. Pencapaian tersebut sungguh mengejutkan, mengingat kondisi pasar online Indonesia tahun 2012 belum berkembang seperti sekarang.

Dengan catatan pencapaian tersebut akhirnya iProperty Group sebagai induk perusahaan mumutuskan menjual mobil123.com ke iCar Asia Ltd (bagian dari Catcha Group). Nilai penjualan tersebut sekitar 3 juta Dollar Australia.

Pranalar luar: iProperty Group Sells Cars Portal Mobil123.com

2013: Jejak Pembaruan

Tampilan Laman Muka Mobil123.com Juli 2013

Tahun 2013 adalah tahun pembaruan. Di tahun ini dunia industri online di Indonesia mulai berkembang dan meluas. Tak luput dari pantauan saya, mobil123.com dibawah naungan iCar Asia mulai berkembang pesat. Setelah diakuisisi dari iProperty Group, unit bisnis mobil123.com di Indonesia dibawah naungan PT Mobil Satu Asia.

Seperti kebanyakan perusahaan online pada saat itu, fokus mobil123.com adalah meningkatkan nama (brand) dan nilai (value) perusahaan dimata konsumen dan diler. Dan nampaknya strategi tersebut terbilang sukses, dalam kurun waktu hanya satu tahun jumlah listing iklan di mobil123.com tumbuh dari angka 36 ribuan menjadi 151.055 listing iklan aktif.

Saya sempat mengutip pernyataan Rama David, Country Manager Mobil123 saat itu. Melalui wawancara dengan media SWA, Rama mengklaim, Mobil123.com adalah pemimpin industri iklan otomotif terbesar di Indonesia.

Tampaknya klaim tersebut bukanlah isapan jempol belaka mengingat pertumbuhan pangsa pasar mobil123.com yang sangat pesat dalam satu tahun terakhir.
Hadir dengan logo dan tampilan antar muka yang baru, di tahun 2013 mobil123.com membuktikan strategi pembaruannya berhasil memenangkan kompetisi.

Pranalar luar: Manuver Rama David Mengendarai Bisnis Mobil123.com

2014: Mengukur Langkah

Antar Muka Laman Mobil123.com July 2014

Diawal pembetukannya, mobil123.com mengkhususkan diri memenuhi kebutuhan pasar akan kendaraan baru maupun bekas. Sempat meragukan, namun alih-alih tertarik dengan website sejenis yang menjajakan segala jenis barang (termasuk kendaraan bekas) namun dalam 2 tahun perjalannnya ternyata pasar otomotif Indonesia menyambut positif kehadiran website niche seperti mobil123.com.

Di tahun 2014, jumlah listing iklan kendaraan yang ada di Mobil123.com menembus angka lebih dari 200 ribuan. Pencapaian ini membuktikan bahwa mobil123.com bukan hanya sekedar sebagai pelengkap portfolio, tetapi bagi iCar Asia mobil123.com adalah bagian penting bagi perusahaan.

Dengan peluang tersebut, akhirnya pada tahun 2014 iCar Asia resmi mengumumkan pendanaan baru sebesar Rp 77,8 Miliar untuk mobil123.com. Gelontoran dana tersebut diperuntukan guna pengembangan produk dan kegiatan marketing Mobil123.com.
Angka pendanaan tersebut terbilang cukup besar untuk sebuahperusahaan startup, dan lebih dari cukup bagi mobil123.com untuk melangkah jauh di tahun mendatang.

Pranalar luar: iCar Asia Suntik Mobil123 Rp 77,8 Miliar

2015: Ekspansi dan Inovasi

Laman Depan Mobil123 Juli 2015 Tampil Lebih Clean dan User Friendly

Mengantongi dana segar membuat gairah Mobil123.com di Indonesia meningkat. Tak hanya panggung eksistensi yang diperlihatakan, namun berbagai inovasi dan pengembangan produk berhasil mencuri perhatian konsumen.

Di awal tahun 2015 tepatnya bulan Februari 2015, Mobil123 meluncurkan aplikasi selular untuk pengguna iOS. Diikuti dengan peluncuran aplikasi Android di akhir tahun. Bukan main-main fitur yang hadir di perangkat selular tersebut menyuguhkan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Aplikasi Mobil123.com menyediakan fitur-fitur pencarian yang memudahkan konsumen mobil seperti “Mobil dijual”, “Mobil murah”, “Bandingkan”, serta simulasi kredit “Kalkulator pinjaman”. Pengguna pun bisa menyimpan atau ‘bookmark’mobil-mobil impian mereka dengan mudah.

Tidak berhenti sampai disitu, guna memperluas dukungan layanan konsumen di wilayah timur Jawa, Mobil123 mulai berkespansi dan membuka kantor perwakilan di Kota Surabaya.

Pranalar luar: Mobil 123.com Ekspansi ke Surabaya

2016: Melanjutkan Dominasi

Tampilan Laman Mobil123.com Juli 2016 dengan Fitur Cek Harga Pasaran

Mengantongi pengunjung aktif sebanyak 2,1 juta per bulan membuat Mobil123 menjadi pemimpin pasar di tahun ke-5 eksistensinya di Indonesia. Banyak diantara pembeli maupun penjual kendaraan di Indonesia merasakan manfaat kehadiran Mobil123.
Jika sebelumnya layanan konsumen mobil123.com hanya hadir via email maupun line telepon, di tahun 2016 ini Mobil123 meluncurkan fitur live chat yang hadir di semua platform termasuk website (desktop dan mobile) serta dalam aplikasi.

Pranalar luar: Mobil123 Hadirkan Fitur Chat di Dalam Aplikasi

Mobil123 juga memanjakan calon pembeli maupun penjual mobil yang “kebingungan” dengan harga pasaran mobil. Melalui fitur “cek harga” calon pembeli maupun penjual dapat dengan mudah mengetahui harga pasaran, harga tertinggi maupun harga terendah untuk tipe mobil tertentu. Fitur ini juga dapat disesuaikan berdasarkan merek, tipe dan tahun keluaran mobil.

Dengan kehadiran fitur tersebut diatas membuat dominasi Mobil123 di pasar otomotif Indonesia semakin kuat. Hal ini pula yang membuat iCar Asia sebagai perusahaan induk Mobil123 kena “angin surga”. Pada bulan September 2016, iCar Asia mengumumkan perolehan investasi baru senilai 22,5 juta dollar Australia (sekitar Rp230 milyar).
(Lihat: iCar Asia Peroleh Investasi Baru $22,5 Juta).

2017: Tahun yang Hebat

Keberhasilan mobil123.com sebagai platform jual-beli mobil terpapar jelas di sepanjang pejalanan tahun 2017. Kesuksesan mobil123.com mempertahankan kualiatas iklan, melakukan inovasi serta mendekatkan diri kepada konsumen membuat posisi mobil123 di pasar otomotif Indonesia kian kuat.

Berbagai terobosan dan inovasi baru membuat mobil123 tidak hanya sekedar “wadah” jual-beli saja. Perusahaan ikut terlibat langsung dalam berbagai kegiatan otomotif Nasional semacam GIIAS 2017, launching mobil baru, test drive, coaching clinic safety drive dan sebagainya.

Keterlibatan mobil123 juga berlanjut ketika perusahaan menjadi tuan rumah sekaligus penyelenggara gelaran Car of The Year 2017. Mobil123 hendak memberikan apresiasi kepada pelaku industri otomotif dengan melibatkan 100 persen suara konsumen dalam penentuan tipe mobil terbaik di tahun 2017 ini.

Tidak sekedar menggaet calon pembeli dan penjual, di edisi tahun ke-6 sejak pendiriannya, Mobil123 berhasil menjalin kerja sama strategis dengan pihak perbankan, lembaga pembiayaan, asuransi, manufaktur otomotif, suku cadang dan bahkan perusahaan penyedia bahan bakar milik negara yakni Pertamina.

Semua langkah strategis tersebut menunjukan kedewasaan mobil123 di dunia otomotif tanah air.

Baca Juga: