Mengenang iPhone Generasi Pertama “Ini Hanya Permulaan”

Mengenang iPhone Generasi Pertama Ini Hanya Permulaan 1

10 tahun silam, tepatnya 9 Januari 2007, CEO Apple Steve Jobs memegang sebuah ponsel yang “berbeda” dengan ponsel kebanyakan saat itu. Tampilan depannya tampak penuh dengan layar dan tanpa dihadiri deretan tombol fisik yang biasa menghiasi sebuah ponsel.

Dialah “The iPhone” ponsel pintar pertama yang dirancang dan dipasarkan langsung oleh Apple. Pada era itu kebanyakan ponsel masih mengadopsi “tombol fisik” sebagai fitur navigasi utamanya. Jobs dengan lantang mengatakan, “Hari ini Apple Akan Menemukan Kembali sebuah Ponsel“.

Mengenang iPhone Generasi Pertama Ini Hanya Permulaan 2

Pernyataan Jobs membuat dunia tercengang, tidak sedikit pula pihak yang ragu dan pesimis akan masa depan barang “baru” buatan Apple ini. Bagaimana tidak, iPhone generasi pertama berani tampil dengan sangat berbeda dan tidak mengikuti arus pasar ponsel yang saat itu dikuasai oleh raksasa macam Nokia dan Motorola.

Baca juga: Waduh, Wanita Ini Tewas Kesetrum iPhone

Konsep layar sentuh penuh memang bukan barang baru pada saat itu, beberapa pabrikan ponsel seperti O2 Xda dan Ericsson sudah lebih dulu memproduksi ponsel dengan konsep PDA (Personal Digital Assistant) dan memiliki tampilan layar sentuh penuh. Namun di pasaran PDA tidak bisa berkata banyak. Maklum, layar kapasitif yang biasa dipakai PDA sangat sukar untuk dinavigasi langsung dengan jari dan perlu bantuan pena stylus untuk mengoperasikannya. Ditambah dengan harga jual PDA yang tergolong sangat mahal dibandingkan ponsel kebanyakan.

Lantas banyak pihak yang bertanya-tanya (termasuk saya) bagaimana cara pakai ponsel macam itu (iPhone). Ditambah lagi iPhone datang dengan banderol harga yang tidak murah, bahkan bisa dikatakan lebih mahal dibanding ponsel kebanyakan. Namun ternyata semua keraguan itu salah, pada saat itu “The iPhone” generasi pertama berhasil terjual sebanyak 6,1 juta unit, angka yang tidak sedikit.

“Ini Hanya Permulaan”, Steve Jobs berbicara di depan semua orang dengan memegang iPhone generasi pertamanya. Dan ternyata benar, kesuksesan iPhone merubah kebiasaan dan mendobrak tradisi ponsel saat itu berbuah manis. iPhone dan generasi penerusnya laris manis dan sukses di pasaran.

Bahkan tidak bisa dipungkiri lagi moment tersebut merupakan awal revolusi perkembangan dunia teknologi. Pabrikan ponsel lain berbondong-bondong mengembagkan konsep “full touchscreen” yang dikenalkan iPhone ini. Dan secara bertahap menghancurkan dominasi Nokia dan BlackBerry dengan konsep tombol fisik QWERTY.

Kesuksesan iPhone setelah 10 tahun berselang tidak luntur. Peluncuran model terbarunya selalu dinantikan dan selalu ada inovasi baru yang dibawanyanya. Inovasi yang membuat pabrikan ponsel lain terus mengikutinya.

Spesifikasi teknis “The iPhone” (Generasi Pertama):

  • Kode model: A1203
  • Dikenalkan: 9 Januari 2007
  • Tanggal Rilis: 29 Juni 2007
  • Ukuran Layar: 3,5 inch (320 x 480 pixel)
  • Processor (CPU): Samsung 32-bit RISC ARM 1176JZ(F)-S v1.0 620 MHz
  • GPU:  PowerVR MBX Lite 3D GPU
  • Memory: 128 MB eDRAM
  • Sistem Operasi: iPhone OS 1.0
  • Kapasitas Memory: 4GB, 8GB atau 16 GB Flash Memory
  • Resolusi Kamera (Belakang): 2 MP

Baca Juga: