Samsung Ubah Smartphone “Jadul” jadi Luar Biasa

Samsung Ubah Smartphone Jadul jadi Luar Biasa

Perkembangan pasar smartphone saat ini melaju sangat cepat. Setiap tahun bahkan setiap bulannya pabrikan ponsel dunia berlomba mengeluarkan produk teranyar mereka. Pertanyaan-nya, bagaimana nasib ponsel lama yang telah muncul dipasaran beberapa tahun lalu? Ya, mereka tampak jadul dan mulai ketinggalan zaman, walau sebenarnya umur beberapa ponsel belum lebih dari 5 tahun dan masih berjalan normal.

Sebenarnya beberapa smartphone, terutama “mantan” smartphone flagship masih memiliki cukup spesifikasi untuk diandalkan. Kemampuan ponsel pintar yang hadir beberapa tahun belakang masih menyimpan “tenaga” lebih untuk sekedar disimpan atau dibiarkan begitu saja.

Guna mengurangi “limbah” sisa ponsel lama dan menambah nilai guna ponsel lama, Samsung membentuk tim kreatif yang dinamakan Samsung C-Lab. Tim teknik ini berfokus pada pengerjaan proyek kreatif yang mendayagunakan beberapa perangkat gadget lama.

Baru-baru ini hasil kerja proyek mereka adalah 40-tumpukan Samsung Galaxy S5 yang diubah menjadi rig atau alat penambang Bitcoin. Alat ini bukan sekedar tumpukan ponsel belaka, menurut tim Samsung C-Lab alat ini diklaim lebih efisien dibanding komputer desktop dalam hal penambangan Bitcoin. Delapan ponsel Galaxy S5 bisa menambang lebih efisien daripada komputer desktop dengan prosesor Intel Core i7 2600 dan juga lebih hemat dalam hal pemakaian listrik jika dibandingkan dengan komputer desktop.

Samsung juga mendemonstrasikan sebuah tablet Galaxy tua yang kemudian diubah menjadi sebuah laptop Ubuntu. Selain itu ada juga ponsel lama keluaran 2012, yakni Galaxy S3 yang digunakan sebagai alat monitor akuarium ikan. Tidak cuma itu, jika kamu butuh bantuan “pengawas” rumah, Samsung juga membuat sebuah model robot yang dibuat dari ponsel lama yang diprogram dengan sebuah sistem pengenal wajah untuk melindungi pintu masuk rumah Anda. Robot ini berbentuk sebuah burung hantu kecil yang lucu.

Baca Juga: