Menyibak Teknologi Canggih yang Dimiliki Jawara Car of The Year 2017

Menyibak Teknologi Canggih Dibalik Mercedes Benz C-Class, Jawara Car of The Year 2017

Ajang ASEAN Car of the Year 2017 kali ini memiliki format pemilihan yang berbeda dengan 2 edisi sebelumnya. Jika sebelumnya pemenang dinilai dan dipilih oleh para pakar industri mobil, kali ini semua proses pemilihan dan pemungutan suara 100% melibatkan konsumen. Icar Asia sebagai penyelenggara acara melakukan penjaringan suara konsumen secara luas di seluruh kawasan ASEAN, termasuk Thailand, Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Malam puncak penghargaan ASEAN Car of the Year 2017 digelar Jumat malam (24/11). Rangkaian acara bertajuk “iCar Asia People’s Choice Awards” ini ditutup dengan diumumkannya Mercedes Benz C-Class sebagai jawara dengan merebut emas, tepat dibelakangnya ada Honda Civic yang mendapatkan Perak, kemudian disusul Toyota Fortuner yang meraih Perunggu.

Menyibak Teknologi Canggih Dibalik Mercedes Benz C-Class

Infografis by ZonaTekno.com

Bisa dikatakan tipe mobil yang didapuk sebagai pememang pada gelaran kali ini merupakan gambaran selera dan pilihan pecinta mobil di kawasan ASEAN.

“ICar Asia People’s Choice Awards memberikan kesempatan kepada para konsumen Indonesia untuk menyuarakan pendapat mereka dan mencerminkan perspektif dan persepsi mereka terhadap mobil-mobil yang dipasarkan pada 2017, baik berdasarkan pengalaman, harga, desain mobil, atau bahkan apa yang mereka ketahui tentang merek mobil dan model,” ungkap CEO iCar Asia, Hamish Stone, seperti dikutip dari situs berita otomotif mobil123.com.

Para pemenang di 18 kategori lainnya dipilih secara murni oleh konsumen-konsumen Indonesia melalui pemungutan suara online (online voting). Khusus konsumen di Indonesia, Icar Asia menunjuk anak usahanya mobil123.com sebagai pelaksana kegiatan. Penjaringan suara dilaksanakan situs jual beli mobil tersebut mulai 12 Oktober dan ditutup 1 November 2017 kemarin.

Berikut daftar pemenang dari 18 kategori mobil di Indonesia:

Jawara Car of The Year 2017

Infografis by ZonaTekno.com

Dibalik seluruh rangkaian acara Car of the Year 2017 ada hal yang menarik perhatian Saya, yakni hadirnya mobil pabrikan Eropa yang keluar sebagai pemenang. Ya, Mercedes Benz C-Class berhasil menyabet titel juara dengan diapit oleh dua pesaing terdekatnya yakni Honda Civic dan Toyota Fortuner. Walaupun pasar otomotif ASEAN didominasi oleh mobil pabrikan Jepang, ternyata mobil eropa tetap jadi pilihan terbaik bagi para pecinta otomotif di ASEAN.

Mercedes Benz C-Class berhasil merebut hati pecinta mobil ASEAN dengan menyuguhkan kesan dan sensasi berbeda dengan mobil lainnya. Suguhan inovasi dan teknologi canggih seakan menjadi daya tarik yang sempurna untuk memikat hati konsumen.

Layaknya “kebiasaan” mobil Eropa, pabrikan mobil asal Jerman ini berhasil menanamkan teknologi canggih di balik kemudi Mercedes Benz C-Class. Lantas secanggih apa teknologi yang ada di dalam mobil ini?

Berikut ZonaTekno rangkum teknologi “zaman now” yang tertanam dalam Mercedes Benz C-Class.

mbrace® Connect

Mercedes Benz C Class mbrace connect

mbrace® Connect adalah sebuah sistem intuitif yang memungkinkan pemilik mobil tetap terhubung dengan mobilnya melalui perangkat smartphone.

Dengan “hanya” memanfaatkan aplikasi, para pengguna C-Class dapat mengendalikan mobilnya melalui sebuah ponsel. Terhubung dengan aplikasi “Mercedes Me”, mbrace® connect memungkinkan pemilik kendaraan menggunakan ponselnya untuk mengunci pintu mobil, menghidupkan dan juga mematikan mesin dari jarak jauh. Jika mau memanaskan mesin mobil, pemilik C-Class cukup duduk santai sambil memainkan ponsel tanpa harus membuka garasi dan bahkan menyentuh mobil sama sekali.

Tidak hanya sekedar menggantikan fungsi kunci mobil, berbagai fitur canggih lainnya pun turut hadir memudahkan para pemilik C-Class. Pemilik mobil dapat menyalakan lampu dan klakson mobil melalui ponsel. Hal ini sangat membantu ketika pemilik lupa lokasi parkir mobil. Jika dirasa kurang membantu, mbrace® Connect juga mampu memonitor dan mengingat lokasi parkir mobil.

Melengkapi fitur berguna lainnya, mbrace® Connect juga mampu merekam jejak perjalanan mobil melalui “Driving Journal”, pengingat batas kecepatan dan melindungi mobil ketika menggunakan layanan parkir vallet. Khusus pengguna yang sering khawatir ketika memakai jasa vallet parkir, mbrace® Connect akan mengirimkan peringatan melalui ponsel jika mobil meninggalkan zona parkir.

Dalam paket penjualannya, pemilik Mercedes-Benz C-Class mendapatkan layanan gratis mbrace® Connect selama 5 tahun.

Car Entertainment System

Car Entertainment System

Guna menjawab tantangan pasar, Mercedes-Benz terus melakukan pengembangan dan berinovasi. Bukan hanya sebuah mobil, tetapi Mercedes Benz C-Class merupakan “gaya hidup”.

Mercedes-Benz C-Class menawarkan fitur hiburan dalam mobil yang tidak ada habisnya, berbagai teknologi informatif dan nyaman hadir di ruang kabin C-Class. File musik maupun video dapat dengan mudah terhubung melalui konektivitas bluetooth, USB maupun slot microSD.

Fitur lainnya, “Burmester Surround Sound System” mampu memanjakan telinga berkat 13 buah speaker premium dan penguat digital 9 kanal 590 watt. Pengendara juga dapat mengintegrasikan layanan streaming lagu digital seperti Tuneln® World Radio, iHeartRadio® dan SiriusXM® Radio.

Selain menyuguhkan hiburan, layar 7 inci yang bercokol di dashboard juga mampu menampilkan peta 3 dimensi dan menunjukan berbagai tempat menarik yang bisa dikunjungi di sekitar kota Anda. Dalam keadaan gigi mundur saat parkir, layar tersebut beralih fungsi sebagai spion yang menampilkan citra bagian belakang mobil.

Fitur Keamanan “Zaman Now”

Berbicara tentang fitur keamanan dan keselamatan, Mercedes-Benz C-Class 2017 menawarkan banyak fitur keselamatan yang melibatkan berbagai teknologi canggih. Misalnya, teknologi yang ditemukan pada model ini memastikan mobil selalu berada di jalurnya dan bahkan secara otomatis berhenti saat melihat adanya benturan. Kedua fitur ini sama-sama membantu mencegah tabrakan dan membuat penumpang terlindungi dari resiko kecelakaan.

Collision Prevention Assist Plus

Fitur keamanan lainnya yang tak kalah canggih yakni, Collision Prevention Assist Plus yang mengandalkan sensor khusus untuk memantau jarak mobil dengan kendaraan lainnya. Fitur ini bisa memberi tahu pengemudi jika jarak mobil terlalu dekat dengan kendaraan di depan. Bahkan jika dirasa sudah sangat perlu, fitur ini mampu melakukan pengereman secara otomatis.

Attention Assist

Guna menghindari kantuk saat mengemudi, fitur Attention Assist memastikan Anda menyetir dengan aman dan memberi tahu ketika pengemdui membutuhkan secangkir kopi atau memerlukan istirahat dalam perjalanan. Cara kerja sistem Attention Assist yakni dengan mempelajari pola pengemudi saat menjalankan mobil. Intesitas injakan pedal gas, rem dan bantingan setir bisa membantu mengindentifikasi jika pengemudi ngantuk atau kelelahan.

Baca Juga: