Pengenal Wajah Face ID pada iPhone X berhasil Ditembus dengan Mudah

Pengenal Wajah Face ID pada iPhone X berhasil Ditembus dengan Mudah

Smartphone terbaru buatan Apple, iPhone X akhirnya mulai dijual secara resmi mulai tanggal 3 November lalu. Dengan harga mulai US$999, iPhone X adalah varian iPhone termahal yang pernah ada. Namun Apple mengatakan permintaan untuk smartphone terbarunya sejauh ini diuar dugaan. Meski dibanderol mahal, akan tetapi semua perangkat yang ditawarkan melalui jalur pre-order habis terjual.

Satu hal yang sangat menarik dalam iPhone X adalah menghilangnya tombol home yang biasa menyatu dengan fitur pemindai sidik jari Touch ID. Berbeda dengan generasi iPhone sebelumnya, iPhone X menyertakan fitur yang diberi nama Face ID. Teknologi baru Face ID mampu melakukan pemetaan wajah yang dapat digunakan untuk membuka layar ponsel, memverifikasi Apple Pay, dan pada dasarnya mengganti fungsi pemindai sidik jari (Touch ID).

Baca Juga: iPhone X Telah Habis Dipesan, Harganya Bikin Dompet Tipis

Menurut perusahaan besutan Tim Cook tersebut, Face ID memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan Touch ID. Rasio kemungkinan kesalahan pada Face ID yakni 1 berbanding 1 juta. Sebagai pembanding Touch ID memiliki tingkat kesalahan 1 banding 50.000.

Kontributor website teknologi Mashable, Lance Ulanoff melakukan beberapa pengujian pada fitur pengenal wajah Face ID di iPhone X. Menurutnya dalam hasil pengujian Face ID menunjukan hasil yang sangat baik dan konsisten. Face ID berhasil mengenali wajah dengan baik, bahkan saat Ia memakai topi ataupun wig.

Walaupun rasio kesalahan sangat kecil 1 banding 1 juta bukan tidak mungkin kemanan Face ID bisa ditembus. Hal ini sangat berlaku bagi orang dengan DNA yang sangat mirip. Dengan kata lain, saudara kandung atau kembar identik bisa saja menembus sitem keamanan pada Face ID.

Tidak ada angka pasti untuk mengetahui berapa jumlah kelahiran kembar identik yang ada di dunia ini, hanya statistik yang bisa diketahui bahwa 32 dari setiap 1.000 orang adalah kembar.

Situs teknologi Mashable penasaran dengan apa yang terjadi dengan Face ID ketika menghadapi orang dengan kembar identik. Mereka sengaja mengundang sepasang saudara kembar laki-laki untuk membuktikan kecanggihan Face ID.

Untuk menguji kemampuan Face ID, mereka meminta satu saudara laki-laki mendaftarkan wajahnya di iPhone X, melakukan verifikasi wajah dan memastikan bisa membuka kunci telepon. Kemudian menyerahkan perangkat yang terkunci tersebut ke saudara kembarnya yang identik. Hasilnya, sang saudara kembar mampu membuka layar iPhone X walaupun tidak pernah mendaftarkan wajahnya di sistem Face ID.

Apple memang tidak pernah mengklaim teknologi Face ID sempurna, dalam beberapa pengujian memang Face ID tidak bisa tertipu oleh foto atau video. Namun, hasil ini bukan pertanda baik bagi semua orang yang memiliki saudara kembar identik.

Berbeda dengan Face ID, fitur pengenal wajah buatan Microsoft yakni Windows Hello dilaporkan memiliki teknologi yang lebih baik. Windows Hello dilaporkan mempu mengenali wajah dengan baik dan tidak bisa tertipu dengan kemiripan wajah pada pasangan saudara kembar identik.

Sebagai tambahan, teknologi Face ID telah didukung oleh processor canggih (A11 Bionic) dan sistem algoritma yang kuat, bahkan mampu mempelajari bagaimana wajah Anda berubah dari waktu ke waktu (ketika Anda bertambah tua atau dewasa). Namun kita berharap Apple akan terus meningkatkan kemampuan cerdas Face ID ke depannya.

Baca Juga: