4 Hal Yang Membuat Layanan Live Streaming Begitu Populer

livestream di smartphone

Pengguna smartphone sekarang telah mendapatkan banyak kemudahan dalam berkomunikasi. Mulai dari media sosial yang meungkinkan berkirim pesan singkat hingga yang memudahkan dalam berbagi momen lewat foto. Salah satu kenajuan media sosial adalah lewat live streaming. Sampai saat ini  live streaming milik Twitter yaitu Periscope sedang mengalami kemajuan pesat. Periscope menawarkan hal baru dalam berinteraksi bagi penggunanya. Periscope memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Hal ini menjadi hal unik yang ditawarkan Twitter, dan menarik minat perusahaan lain untuk memberikan layanan yang sama, salah satunya adalah Facebook. Facebook dan Google menawarkan jasa yang sama berupa ftur live streaming facebook dan Youtube Connect.

Berikut merupakan alasan keberhasilan dan potensi live streaming di masyarakat.

Layanan Bersifat Private

Live streaming memudahkan pengguna dalam berbagi momen dengan pengguna lain di sekitarnya. Dengan Periscope, pengguna dapat memamerkan pengalamannya melalui siaran langsung. Penonton juga merasa lebih akrab dengan pengunggah video karena video yang mereka bagikan secara real-time. Tidak salah jika beberapa perusahaan menggandeng pengguna live streaming populer untuk memasarkan produknya.

Bersifat mengikat

Semakin banyaknya penonton live streaming, penggunanya juga semakin membludak. Ini dikarenakan pengguna tdak ingin kehilangan momen ketika pengguna sedang melakukan live streaming, apalagi jika yang melakukan siaran adalah orang terkenal. Keberadaan layanan ini berbeda dengan konten video biasa yang membuat orang bisa menonton berulang kali. Dengan live streaming, banyak pengguna yang menunggu kehadiran idolanya untuk siaran langsung.

Tidak berlebihan

Live streaming memungkinkan pengguna untuk melihat keadaan atau momen yang disiarkna langsung tanpa ada proses editing. Dengan begitu, kondisi yang ditawarkan selama prosen isaran berlangsung cenderung lebih manusiawi dan apa adanya. Bagi pengguna yang bergerak di bidang marketing, live streaming memberi banyak keuntungan lantaran siaran dilakukan tanpa proses editing berlebihan dan biasanya menggandeng orang-orang populer sebagai model untuk memasarkan produknya.

Masa depan Live streaming

Siaran yang berbasis video akan semakin meningkat penikmatnya di masa depan. Begitu pula dengan Live streaming yang akan terus menarik minat para pengguna media sosial lantaran kesederhanaannya dalam menampilkan momen yang ingin dibagikan. Perusahaan-perusahaan akan lebih banyak menggunakan layanan ini untuk menarik minat generasi muda yang memang menginginkan iklan produk yang asli tanpa rekayasa.

Generasi muda yang melek teknologi akan semakin banyak. Akan bertambah pula generasi muda yang menginginkan layanan yang memudahkan mereka untuk melihat  sesuatu secara alami dan sederhana. Hal ini juga menambah ketertarikan generasi muda terhadap produk yang transparansi tanpa ada embel-embel editing atau pencitraan. Hal tersebut akan memberikan sesuatu yang menarik bagi generasi muda saat ini.

Baca Juga: