Fitur 3D Touch Instagram Siap Masuk Android

3D Touch Instagram

Aplikasi foto online, Instagram, berencana membawa fitur ‘Peek’ ke perangkat Android. Fitur ini sebetulnya telah diakuisisi Facebook  dan sudah diperkenalkan lebih dahulu oleh jejaring sosial tersebut berbagi foto. Namun fitur tersebut kemudian dihilangkan untuk sementara karena beberapa alasan yang tidak diungkapkan.

Peek sendiri merupakan fitur yang telah hadir sebelumnya di peranan iOs pada iPhone 6s dan 6s Plus. Fitur ini membuat pengguna bisa melihat kembali preview foto dengan menggunakan 3D Touch.

Berdasaran berita yang dilansir Ubergizmo pada Selasa (5/1/2016), tersiar kabar bahwa dalam waktu dekat Instagram akan membawa fitur ‘Peek’ tersebut ke pembaruan pada tuk perangkat Android. Sayangnya sampai sekarang Instagram belum memberikan komentar lebih detai mengenai rencana kehadiran fitur andalan tersebut.

Fitur Peek atau yang sering disebut ‘Peek and Pop’ awalnya hadir dalam perangkat iOS. Fitur tersebut pada dasarnya merupakan pengembangan dari 3D Touch. Dengan Peek, pengguna iOS bisa melihat preview foto dengan menekan layar sedikit lebih keras. Dan untuk dan bisa melihat foto yang ada secara penuh, pengguna dapat menekan layar lebih keras lagi.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa browsing foto-foto dengan lebih cepat. Tanpa membuka layar foto baru satu per satu, pencarian foto menjadi lebih mudah.

Teknologi 3D touch awalnya ada di perangkat iPhone 6S dan 6S Plus (sumber : wired.com)

3D Touch sendiri memiliki kemampuan yang membuat layar iPhone dapat mengetahui tingkat tekanan yang diberikan. Dengan 3D Touch  pengguna dapat melakukan berbagai perintah berbeda bergantung pada seberapa keras layar ditekan. Ketika layar semakin keras dan lama maka eek yang berbeda akan timbul dibandingkan dengan menekan layar biasa.

Tekanan yang beragam pada layar dianggap seperti shortcut atau jalan pintas yang bisa digunakan oleh pengguna. Contohnya jika pengguna menekan layar pada aplikasi Maps di homescreen, maka dianggap ingin mendapatkan petunjuk arah ke suatu tempat.

Dengan adanya hal tersebut maka wajar jika fitur 3D Touch juga ingin hadir di perangkat selain iOS. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, berdasarkan riset  dari badan analisis teknologi IHS, fitur dengan teknologi tersebut akan diaplikasikan pada perangkat Android pada beberapa merek smartphone ternama dalam waktu dekat.

Hasil riset tersebut menyatakan bahwa fitur 3D Touch akan hadir pada 25 persen smartphone baru yang keluar pada kuartal ketiga dan keempat. Jadi, bukan mustahil jika  smartphone Android pada kuartal tersebut akan dilengkapi  dengan fitur tersebut di tahun ini.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, maka kehadiran fitur 3D Touch layak diperhitungkan dalam persaingan smartphone yang akan datang. Pengguna Instagram tentu tidak akan kecewa dengan adanya fitur ini.

Baca Juga: