Google Cloud Basis Duel Dengan Amazon

Google Cloud Basis

Perusahaan raksasa Google kini semakin agresif dengan segala inovasi baru yang dibuatnya. Sekarang mereka tidak hanya serius berkecimpung dalam penyedia service webhosting. Mereka telah menyiapkan manuver baru berupa produk yang akan bekerja pada basis service cloud yang dapat dinikmati semua kalangan.

Kejayaan Google yang awalnya hanya fokus sebagai mesin pencari, kini mulai melebarkan sayap. Mereka mantap dalam memulai kompetisi dengan dunia usaha yang sampai kini masih dipuncaki oleh Amazon Situs Services. Produk baru yang menjadi andalan Google berikutnya diberi nama Google Cloud Basis.

Google mengumumkan manuver agresif terbarunya dalam konferensi global bertema Google Cloud Basis NEXT 2016 (GCPNEXT16) pada hari Rabu, 23 Maret 2016 pagi waktu setempat. Pada pertemuan tersebut Google mengumumkan beberapa produk terbaru mereka yang berkaitan dengan Google Cloud Basis.

Google Cloud Basis Duel Dengan Amazon

Sebelum konferensi dimulai, Greg DeMichillie selaku  Direktur Manajemen Product Google mengatakan bahwa produk yang disediakan oleh Google dijamin berbeda dari produk sercive cloud yang lainnya. Ia menyampaikan bahwa Google Cloud Basic merupakan produk service gelombang ketiga. Produk tersebut dijamin lebih hebat karena ditekankan dengan adanya sistem kluster sebagai cirinya. Selain itu juga terdapat ruang penyimpanan terdistribusi, pemrosesan data dalam taraf besar. Ditambah deangan adanya mesin cerdas yang belajar dari sistem dan pemakaian containers aplikasi, Google yakin produk barunya dapat mengungguli Amazon Situs Services.

Google Cloud Basis sendiri sebenarnya tidak hanya menawarkan server atau storage. Yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah dengan adanya basis yang dibangun oleh Google beserta beberapa mitranya. Basis tersebut nantinya bisa digunakan secara gratis oleh pengguna. Hal ini yang menjadi penawaran ampuh dari Google.

DeMichillie mengklaim bahwa produk baru Google merupakan ekonomi cloud yang sangat real.

Ia mengatakan bahwa hal yang lebih menguntungkan adalah Google menjual Service GCP dengan harga yang relatif murah, yaitu per menit pemakian. Pengguna produk hanya membayar storage yang benar-benar mereka gunakan tanpa embel-embel biaya lain.

Google juga mengklaim bahwa service GCP ini  ada pada infrastruktur yang sudah dibuktikan secara handal. Produk infrastruktur GCP sebeumnya juga sudah dipakai oleh Google sendiri. Beberapa produk yang telah dihosting oleh GCP antara lain mesin pencari Google, Youtube, Google Maps, dan Google Photos. Sehingga produk ini tidak perlu diragukan kualitasnya.

DeMichillie menambahkan bahwa kemanan produk baru mereka memiliki kelas yang tinggi khas dari Google. Keamanan mereka dijamin paling baik di dunia sampai sekarang. Mereka membuktikanya dengan memakai sendiri produk tersebut dan membutuhkannya.

Google Cloud Basis menjadi produk andalan yang diyakini akan bersaing ketat dengan Amazon Situs Services. Apakah produk ini benar-benar semenarik yang Google jamin? Kita tunggu saja.

Baca Juga: