Kini Samsung Galaxy S5 bisa Pakai Android Marshmallow

Galaxy S5 Android Marshmallow

Sistem operasi Android sekarang sudah dimiliki oleh berbagai brand smartphone dunia. Hal itu membuatnya terus melakukan pembaruan dengan perkembangan jenis mulai dari Android Ice Cream hingga Lollipop. Android terbaru yang memang sudah ada di pasaran adalah Android Marshmallow. Namun tidak semua smartphone sudah dibekali dengan sistem android tersebut.

Seperti yang dikutip dari Slashgear pada hari Kamis (24/3/2016), ternyata bukan hal yang mudah bagi sistem operasi terbaru Android  Marshmallow hadir di smartphone canggih pengguna. Butuh waktu yang lama untuk Marshmallow hadir di pembaruan OS mereka. Ini sangat disayangkan mengingat  sistem operasi robot hijau  atau Android Marshmallow sebetulnya sudah dirilis sejak September 2016.

Hal yang mungkin mengecewakan lantaran hanya pengguna Samsung Galaxy S5 di Negeri Ginseng Korea Selatan saja yang bisa dimanjakan oleh sistem operasi terbaru Android 6.1 Marshmallow. Mungkin saja bagi pengguna Galaxy S5 di negara lain baru bisa menikmati kemudahan Android Marshmallow dalam beberapa bulan ke depan.

Sistem operasi terbaru Android Marshmallow sendiri menjadi idaman para penikmat teknologi lantaran memiliki fitur baru yang lebih apik dan baik bila disandingkan dengan generasi sebelumnya, Android Lollipop. Pada bagian pengaturan, pennguna dapat memanfaatkan fitur Android security patch level dalam memperkuat keamanan smartphone mereka.

Fitur Android security patch level sendiri bisa berfungsi dengan baik jika perusahaan yang memproduksi smartphone juga ikut mendukung penggunaan fitur ini. Sayangnya, dua Nexus seri terbaru sepertinya belum bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Yang menjadi keunggulan sistem operasi terbaru Android Marshmallow adalah mereka dibekali fitur akses cepat atau shortcut ke menu hanya dengan menggunakan suara. Dalam penggunaan fitur tersebut, layar smartphone hanya perlu disentuh dari bawah ke arah kiri atas. Para pengguna bisa dengan gampang menggunakannya jika sudah terbiasa.

Keunggulan lain yang ditawarkan sistem operasi terbaru Android Marshmallow adalah mereka dibekali dengan fitur unik yang membuat baterai smartphone atau tablet tidak cepat habis meskipun sering digunakan.

Hal tersebut terjadi lantaran Android versi terbaru itu bisa menghentikan proses aplikasi saat  pengguna tidak menggunakannya. Saat memakai sistem operasi terbaru Marshmallow, baterai dari smartphone Nexus 5 dan Nexus 6 menjadi lebih hemat 30% daripada saat penggunaan biasa.

Keunggulan pamungkas dari sistem operasi terbaru Android Marshmallow adalah  sangat dinamis dan fleksibel saat digunakan. Hal tersebut lantaran Marshmallow  bisa mengatur penempatan aplikasi yang disesuaikan dengan kemauan pengguna. Rencananya, smartphone Samsung memang akan diperbarui dengan sistem operasi terbaru dari Android tersebut. Hal itu mungkin saja akan diikuti oleh berbagai brand smartphone lain. Sebagai penikmat teknologi, kita hanya perlu menunggu apakah Marshmallow benar-benar hadir di smartphone kita nantinya,

Baca Juga: