Instagram Manfaatkan Kelemahan Twitter

Instagram Manfaatkan Kelemahan Twitter

Di era globalisasi ini, jaringan internet yang sudah tersebar ke seluruh dunia memudahkan manusia untuk berkomunikasi, salah satunya lewat dunia maya. Media sosial yang cukup beragam yang ada memanjakan masyarakat untuk membagi segala aktivitasnya, baik lewat aplikasi messenger maupun aplikasi yang memang berperan dalam membagi oto dan status. Aplikasi yang sekarang tengah boming di masyarakat yaitu Instagram dan Twitter.

Baru-baru ini, terdapat sebuah laporan dari  GlobalWebIndex yang berjudul Social. Laporan ini dibuat untuk menunjukkan kondisi sosial media yang tengah gandrung di masyarakat saat ini. Berdasarkan laporan tersebut, Twitter yang notabene media sosial yang banyak digunakan kini tengah mengalami masa-masa sulit. Keadaan ini justru dimanaatkan oleh pesaingnya, Instagram.

GlobalWebIndex menambahkan beberapa statistic menarik mengenai pengguna internet. Mereka menunjukan bahwa orang dewasa pengguna internet 92 persen memiliki minimal satu akun mesia sosial. Statistik lain yang diberikan adalah mengenai pengguna media sosial yang memiliki rentang umur 25 sampai 34 tahun, rata-rata menghabiskan waktu 2 jam 12 menit untuk mengecek akun media sosialnya dalam sehari. Hal ini menunjukkan bahwa mwdia soisla sudah membudaya di masyarakat dunia, bukan hanya pada remaja tetapi juga orang dewasa yang berada pada usia produktif.

Laporan GobalWebIndex yang dikutip dari Betanews menambahkan bahwa kelompok pengguna media sosial paling banyak adalah kelompok yang berumur lebih muda. Perempuan dan orang-orang dengan penghasilan rendah juga menghabiskan waktu paling banyak menggunakan media sosial mereka.

Media sosial yang beragam memberi banyak pilihan bagi penggunanya. Mulai dari Friendster, Facebook, hingga Twitter dan Instagram memiliki masa kejayaannya sendiri sejalan dengan berkembangya inovasi. GlobalWebIndex melaporkan bahwa Twitter sejak beberapa waktu lalu mengalami kesulitan pertumbuhan. Hal ini terjadi karena masyarakant sudah berbeda pandangan mengenai penggunaan media sosial.

Fakta menyebutkan bahwa sekitar 44 persen orang memakai media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan teman-teman atau koleganya. Dan 27 persen orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mencari berita terbaru. Sayangnya, Twitter lebih nyaman sebagi sarana pencari berita terkini.

Instagram tidak menyia-nyiakan penurunan pamor dari Twitter ini. Saat ini Instagram  menjadi media sosial yang tumbuh paling cepat, walaupun pengguna dewasa yang memiliki akun Instagram hanya 35 persen.

Namun saat ini, raja media sosial masih dipegang oleh facebook yang dimiliki oleh pengguna media sosial sebanyak 85 persen. Dan  yang lebih mengejutkan, Snapchat mulai berkembang pesat.Sebanyak 61 persen penggunanya memanfaatkan aplikasi ini untuk bertukar pesan, dan 42 persen untuk mengirim foto.

Media sosial memang selalu berganti mode setiap periodenya. Namun yang lebih penting adalah bagaimana menggunakan media sosial yang ada dengan bijaksana.

Baca Juga: