Telkom Berikan Akses Internet ke UKM Pedesaan

Telkom Berikan Akses Internet ke UKM Pedesaan

Telkom baru-baru ini luncurkan akses internet lewat teknologi satelit berbasis Very Small Aperture Terminal (VSAT) untuk bisa melayani Usaha Kecil Menengah (UKM) yang saat ini belum terjangkau, terkhusus di area terpencil.

Layanan bernama MangoStar ini duluncurkan Telkom lewat Divisi Business Service (DBS) yang bekerja sama dengan anak usahanya Metrasat.

“Hingga akhir 2016 nanti, kami menargetkan 5.000 UKM. Kami sangat optimis sebab dalam tempo dua minggu sebelum diluncurkan, sudah banyak sekali permintaan dari berbagai lokasi seperti Mentawai, Jambi serta berbagai titik di Kalimantan,” ujar Muhammad Awaluddin selaku Direktur Enterprise dan Business Service Telkom.

Menurut Awaludding, MangoStar sendiri adalah layanan broadband via satelit di Indonesia berkecepatan up to 2 Mbps serta upload 0,5 Mbps dengan biaya bulanan senilai Rp.500rb.

Layanan ini dihadirkan karena kondisi geografis Indonesia yang terdapat pegunungan serta lautan yang membuat para UKM di pelosok sangat kesulitan untuk berbisnis lewat Internet.

Harapannya, dengan dihadirkan MangoStar dapat membantu mereka untuk bisa meningkatkan bisnisnya saat ini. Bukan hanya di ruang lingkup bisnis nasional, namun juga di ranah internasional.

“Saya telah bertemu dengan seorang pelaku bisnis UKM asal Jambi yang saat ini tinggal di area pelosok. Dia minta untuk dipasangkan akses internet agar bisa melakukan Cross Border Trading. Dan kami sudah pasang MangoStar, sekarang bisnisnya meningkat,” cerita Awaluddin.

Dengan hadirnya MangoStar, tambah Awaludding, pihaknya tambah optimistis Telkom bisa memangkas kesenjangan digital yang ada di Tanah Air, ditambah dukungannya yang menginjak tiga juta UKM Goes Digital sampai akhir 2016 nanti.

Baca Juga: