Inilah Hasil Uji Test Ketahanan iPhone SE VS iPhone 6S

Uji Test Ketahanan iPhone SE VS iPhone 6S

Smartphone baru besutan Apple iPhone SE baru saja diluncurkan bulan lalu. Lantas Bagaimana ketahanan dan kekuatan dari ponsel terbaru keluaran Apple tersebut?

Seperti yang dilansir dari laman Fox news Selasa 5 April 2016 kemarin, SquareTrade, sebuah layanan yang menawarkan asuransi untuk peralatan dan perangkat, melakukan beberapa tes uji ketahanan dan kekuatan untuk iPhone SE serta membandingkannya dengan iPhone 6S dan 6S Plus.

Uji tes tersebut seperti drop test, direndam air, guncangan, sampai kelenturan.

Setelah menjalani beberapa tes, rupanya hasil tes iPhone sangat tidak memuaskan. Ponsel tersebut rupanya memiliki ketangguhan yang tidak cukup kuat Apabila dibandingkan dengan iPhone 6s ataupun 6S Plus. Contohnya saja ketika direndam dalam air, iPhone SE langsung mati dalam hitungan menit.

Lihat juga: Video: Bahas Tuntas iPhone SE Indonesia

Sedangkan iPhone 6s bisa bertahan sampai 30 menit walau dengan konsekuensi suara audio yang hilang dan iPhone 6s plus cuma mampu bertahan 10 menit dan mati.

Lalu untuk guncangan, iPhone SE dan iPhone 6s hanya tergores di bagian ujungnya. Sedangkan iPhone 6s plus layarnya rusak dan pecah seperti jaring laba-laba.

Untuk tes drop test nya, untu ketiga model tersebut sama-sama mengalami kerusakan dibagian layar saat dijatuhkan pada ketinggian 1,8 meter. Akan tetapi, kerusakan terparah dialami oleh iPhone SE.

Terakhir saat diuji kelenturan, iPhone SE kembali memperlihatkan kelemahannya. Dengan bobot 72 kg, iPhone SE sudah melengkung. Padahal bobot itu lebih rendah ketimbang bobot yang diberikan pada iPhone 6S dan 6S Plus. Sebelumnya di tahun 2014 lalu sempat beredar kabar kalau iPhone 6 Plus bisa bengkok dengan mudah, walaupun pihak Apple mengungkapkan kehebohan itu sangat berlebihan.

Setelah menjalani tes yang sangat ketat, SquareTrade akhirnya memberikan iPhone SE skor breakability 5,5 dengan peringkat resiko menengah. Sedangkan iPhone 6s dan 6S Plus masing masing memiliki skor breakability 4 dan 6,5 yang berperingkat sama, “Resiko Menengah”.

“Setelah menjalani berbagai tes , SquareTrade menemukan kalau iPhone 6S masih yang paling kuat ketimbang seri SE dan 6S,” ujar SquareTrade.

Baca Juga: