Inovasi Facebook Bikin Nyaman Pengguna Tunanetra

Inovasi Facebook Bikin Nyaman Pengguna Tunanetra

Kini Facebook sedang membuat inovasi terbarunya yang mempermudah para pengguna tunanetra untuk bisa melihat dan berinteraksi dengan foto teman-teman mereka.

Teks alternatif yang dapat otomatis menghasilkan deskripsi gambar, dengan teknologi pengenalan objek. Sebelumnya, jejaring sosial terbesar ini mengumumkan hanya nama orang yang memposting foto di Facebook dan di ikuti dengan istilah foto.

Akan tetapi, kini siapa saja pembaca layar perangkat IOS bisa mendengar daftar item disemua gambar seperti gambar yang berisi tiga orang, orang yang ada di luar ruangan dan orang yang sedang tersenyum.

Baca juga: Facebook akuisisi Aplikasi Lucu “Pengubah Wajah” Msqrd

“Sekarang kami bisa menawarkan deskripsi yang lebih banyak berkat automatic alt text,” ujar Shaomei Wu selaku insinyur perangkat lunak seperti yang kami kutip dari laman Republika.co.id, Rabu (6/4/2016).

Adapun fitur automatic alt text ini dirilis pekan ini bagi para pembaca layar IOS yang menggunakan bahasa inggris. Namun kedepannya akan segera disusul pula dalam bahasa lain.

“Sekarang teknologi ini masih baru saja diluncurkan, kemampuan untuk mendeskripsikan foto adalah langkah penting untuk menyediakan komunitas tunanetra dengan manfaat yang serupa,” tulis Facebook di blog resminya.

Baca Juga: