Alibaba Group Resmi Akuisisi Lazada

Alibaba Group Resmi Akuisisi Lazada

Hari ini, perusahaan e-commerce terbesar asal China, Alibaba Group telah resmi mengumumkan proses akuisisi terhadap Lazada.

Sebagai pemain marketplace terbesar di Asia Tenggara, Lazada membukukan nilai penjualan yang sangat fantastis yakni 1 milyar dollar. Nilai tersebut belum termasuk dana segar sebesar 500 juta dollar dalam bentuk investasi baru. Total nilai valuasi nilai perusahaan Lazada sebesar 1,5 miliar dollar.

Rocket Internet dan Kinnevik sebagai pemilik saham terbesar Lazada menjual kesuluruhan sahamnya, sedangakan sisanya sebsar 8,3% masih dimiliki Tesco setelah akuisisi.

Dalam siaran pers Presiden Alibaba Michael Evans mengatakan:

“Globalisasi (ekspansi global-red) adalah strategi penting untuk pertumbuhan Alibaba Group saat ini dan untuk masa depan. Dengan berinvestasi di Lazada, Alibaba mendapatkan akses ke platform dengan petumbuhan konsumen terbesar di luar Cina, tim manajemen yang terbukti dan mempunyai dasar (pengalaman) yang kuat untuk pertumbuhan masa depan di salah satu wilayah paling menjanjikan diseluruh dunia. Investasi ini sejalan dengan strategi kami menghubungkan merek, distributor dan konsumen dimanapun mereka berada dan mendukung ekspansi ekosistem kami di Asia Tenggara untuk melayani lebuh (banyak) pelanggan kami.”

Sejak didirikan tahun 2012 lalu, Lazada membukukan nilai penjualan kembali (return) sebanyak 15 kali lipat dibanding investasi awal. Lazada sendiri beroperasi di 6 negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Philipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Baca Juga: