Bos Facebook Ikutan Berburu Alien Termahal Di Dunia

Breakthrough Starshot Zuckerberg

Bukan Cuma NASA, ESA, ataupun Space X yang akan meluncurkan misi pencarian alien termahal di dunia, namun Fisikawan terkenal Stephen Hawking dan Bos Facebook Mark Zuckerberg serta bilioner asal Rusia Yuiri Milner pun ikut-ikutan.

Mereka mengaku rela mengeluarkan dana sebesar USD 100 juta atau senilai Rp.1,3 trilun untuk misi luar angkasa yang dinamakan “Breakthrough Startshot”. Uniknya lagi, mereka tidak meluncurkan roket luar angkasa berawak manusia, melainkan pesawat luar angkasa mini bernama ‘nanocraft’.

Baca juga: Mark Zuckerberg Pamerkan Aplikasi Facebook “Edisi Spesial”

Nantinya nanocraft tersebut akan meluncur ke sistem tata surya Alpha Centauri berjarak 4,37 tahun cahaya (40 triliun kilometer) dari Bumi. Untuk bisa sampai kesana, nanocraft akan membutuhkan waktu sekitar 20 tahun.

Menurut Stephen Hawking, Nanocraft sangatlah ringan dan mampu terbang ke luar angkasa dengan dorongan laser. Harapan kedepannya, nanocraft bisa melaju sampai 20 persen kecepatan cahaya. Perlu diketahui pula, kecepatan cahaya sama hal nya 299.792.458 meter per detik.

Misi teresbut nantinya akan dipimpin oleh Pete Worden selaku mantan ketua NASA Ames Research Center. Dengan pesawat nanocraft yang cuma sebesar perangko itu, 3 serangkai (Milner, Zuckerberg dan Hawking) berharap mampu menemukan planet lain yang berpenghuni ataupun bisa dihuni pula oleh manusia. Mengingat dimasa depan menurut Hawking, satu-satunya cara agar manusia bisa tetap bertahan hidup ialah dengan meninggalkan Bumi.

Baca Juga: