Masuk Indonesia, Alibaba Dihadang Sesama E-commerce China

Alibaba Indonesia lawan JD id

Keputusan mengejutkan dari Alibaba yang sudah menguasai saham Lazada sebesar US$ 1 Miliar. Jumlah itu sudah bisa membuat situs tersebut masuk ke pasar e-commerce Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca: Alibaba Group Resmi Akuisisi Lazada

Beberapa tahun terkahir ini Indonesia memang menjadi lahan serbuan oleh situs-situs E-Commerce besar baik dari dalam maupun luar negeri. Sebut saja Tokopedia, OLX, MatahariMall dan lain sebagainya. Akan tetapi, sebelum dapat bersaing di Indonesia, tampaknya Alibaba harus berhadapat dulu dengan kompatriotnya yang berasal dari China, JD.com dimana di Indonesia bernama Jd.id.

Pasalnya, menurut data iResearch menunjukkan bahwa JD.com adalah perusahaan online direct sales paling besar di China pada kuartal terakhir 2014. Pangsa pasar dari JD.com yaitu sebesar 49%. Lalu untuk layanan Marketplace, JD.com memiliki pasar 18,6%.

Menurut Nikkei Asia, JD.com akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pesaingnya, Alibaba. Pada tahun lalu saja, total nilai barang serta layanan yang dijual JD.com naik hingga 78% ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu lebih besar dua kali lipat ketimbang bisnis B2C Alibaba yang Cuma menyentuh angka 30%.

Untuk skala bisnisnya, JD.com memang terbilang kecil ketimbang pesaingnya. Total Gros Merchandising Value (GMV), Alibaba sudah mencapai US$ 460 miliar namun JD.com hanya mencapai US$ 71 miliar. Walaupun begitu, saat ini nilai perusahaan JD.com sudah mencapai US$ 40 miliar di Nasdaq.

Analisis pasar dari Credit Lyonnais Securities Asia (CLSA), Elinor Leung, percaya bahwa gross margin JD.com akan mengalami peningkatan secara signifikan pada tahun 2016 ini. Saham JD.com akan mengalami kenaikan sedangkan saham Alibaba tren-nya menjadi turun.

“Pada pasar saham, paling tidak JD.com merupakan pesaing utama Alibaba untuk pasar e-commerce di China,” kata Elinor.

Saat ini, kedua raksasa asal China itu sudah masuk ke pasar Indonesia dan siap tempur. Lalu siapa yang akan bertahan?

Baca Juga: