Keren, Balapan Drone Hanya Dengan Pengendalian Pikiran

Keren, Balapan Drone Hanya Dengan Pengendalian Pikiran

Pertandingan Drone akhir-akhir ini bukan lagi menjadi hal tabu. Beberapa komunitas pun terus menggelar balapan drone dengan tampilan berbeda, sama halnya dengan yang satu ini.

University of Florida, Amerika Serikat, baru saja menggelar pertandingan drone yang dikendalikan oleh pikiran. Ajang tersebut dianggap sebagai lomba drone brain-computer interface (BC) yang pertama digelar di dunia.

Teknologi ini awalnya dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan pasien lumpuh agar dapat mengontrol perangkat komputer. Namun perkembangannya, BCI sekarang bisa digunakan untuk banyak keperluan, seperti menggerakkan robot, kursi roda bahkan drone.

Sebagaimana yang dilansir dari laman detik.com, Selasa (26/4/2016), ini merupakan pertama kalinya software BCI dipergunakan untuk mengontrol drone DJI Phantom. Ada 16 pilot yang mengerahkan kemampuan gelombang otak mereka untuk bisa menerbangkan drone di arena pertandingan.

Baca juga: Wow !! Kasur Pintar Ini Bisa Deteksi Perselingkuhan

Cara kerjanya seperti ini, pilot drone menggunakan headset electroencephalogram yang nantinya akan mengkalibrasi otak setiap dipakai. Sebagai contoh, aktivitas syarat otak akan direkam saat si pengguna berfikir untuk mendorong suatu benda.

Aktivitas tersebut lalu diterjemahkan sebagai perintah untuk dapat mengendalikan drone. Jadi, aktivitas syaraf otak lainnya bisa menentukan arah serta gerakan drone yang dikendalikan.

Teknologi ini mungkin masih terbilang dini. Namun, seiring waktu, integrasi BCI kedalam kehidupan sehari-hari, termasuk drone bisa saja terjadi.

Drone sendiri saat ini sudah merambah sebagai liga semi-profesional. Paham dengan peluang itu, saluran media olahraga ESPN sudah menjalin kerjasama dengan International Drone Racing Association (IDRA).

Kerjasama tersebut tentu untuk menyiarkan pertandingan drone yang nantinya diadakan oleh asosiasi. Jadi, mulai pertengahan tahun 2016 nanti, anda dapat menyaksikan pertandingan drone kelas dunia lewat tayangan ESPN.

Baca Juga: