Berhasil Hack Facebook, Pria Ini Dihadiahi Uang 130 Juta

pria berhasil hack facebook

Hacker bernama Orange Tsai baru-baru ini dihadiahi uang tunai oleh Facebook sebesar USD10.000 atau setara dengan Rp.131,5 juta atas keberhasilannya mengungkap celah backdoor Facebook.

Seperti yang dilansir dari laman Digital Trends, lewat program facebook Bug Bounty (seperti lomba mencari celah atau hack – red), sosial media besutan Mark Zuckerberg itu memberikan hadiah kepada para hacker yang mampu meretas sekaligus mendokumentasikan masalah yang ada pada sistem ataupun laman Facebook.

Orange Tsai sendiri merupakan karyawan dari salah satu perusahaan di Taiwan. Ia lalu mempublikasikan secara rinci bagaimana ia mampu membongkar celah keamanan Facebook dalam laman perusahaan.

Baca juga: Bos Facebook Ikutan Berburu Alien Termahal Di Dunia

Singkat cerita, Tsai mampu mengungkap celah Facebook dengan menyusup ke server milik staf Facebook. Ketika berhasil masuk, ia menemukan backdoor yang ditinggalkan oleh hacker lainnya dengan kode yang dapat mengeksploitasi data staf Facebook.

Selanjutnya pihak Facebook pun meneliti laporan yang diberikan oleh Orange Tsai. “Kami menetapkan kalau aktivitasi Orange Tsai terdeteksi dari peneliti lainnya yang juga berpartisipasi pada program kami,” tutur Reginaldo Silva selaku Security Engineer Facebook.

Menurut Silva, tak satupun dari peserta yang mampu meretas bagian lain dari infrastruktur Facebook sehingga diputuskan ada kemenangan ganda.

Dua orang itu dinilai kompeten masuk ke celah Facebook serta melaporkan apa yeng mereka temukan pada pihak Facebook dan berhak mendapatkan hadiah. Jadi, hadiah yang diterima oleh Orange Tsai lewat upayanya melacak jejak peretas serta membobol server Facebook. Bukan hanya uang, ia pun mendapatkan ucapan terimakasih dari perusahaan teknologi raksasa dunia itu.

Baca Juga: