Ini Dia Daftar Ponsel Terlaris Tahun 2016

Ini Dia Daftar Ponsel Terlaris Tahun 2016

International Data Corporation (IDC) baru-baru ini merilis laporan terbaru terkait jumlah penjualan smartphone di dunia pada kuartal pertama 2016. Lantas, bagaimana hasilnya?

Berdasarkan firma riset pasar, total penjualan smartphone pada kuartal pertama 2016 ini mengalami kenaikan dari yang sebelumnya 334,4 juta menjadi 334,9 juta unit. Penguasa pasar smartphone nomor satu di dunia pun kembali dipegang oleh Samsung dan Apple.

Walaupun begitu, rupanya penjualan smartphone kedua perusahaan itu sama-sama mengalami penurunan. Samsung tercatat hanya mampu menjual 81,9 juta unit yang sebelumnya 82,4 juta di peruode yang sama tahun lalu.

Sedangkan Apple, hanya mampu menjual 51,2 juta unit dimana sebelumnya menyentuh angka 61,2 juta. Lalu di posisi ketiga, dihuni oleh Huawei yang mengalami kenaikan dimana sebelumnya hanya mampu menjual 17,4 juta unit menjadi 27,5 unit smartphone.

Hal menarik dari data itu adalah menurunnya penjualan Lenovo dan Xiaomi di posisi ke empat dan kelima. Oppo dan Vivo berhasil menggeser Lenovo dan Xiaomi di posisi empat dan lima dalam daftar penjualan smartphone 2016. Kedua produsen smartphone tersebut juga sama-sama berasal dari china. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi ?

Menurut IDC, menurunnya penjualan mereka di awal tahun ini dikarenakan bisnis mereka yang terlalu fokus di pasar smartphone China. Hal itulah yang membuat mereka kalah populer di pasar dunia. Selain itu, di China sendiri, Strategi Xiaomi dan Lenovo untuk memasarkan ponsel mereka dengan harga murah sudah tak lagi efektif. Masyarakat disana justru lebih senang dengan smartphone yang mahal.

“Lenovo sukses menarik minat pembeli dengan menjual smartphone seharga dibawah USD 150 pada tahun 2013. Xiaomi pun juga banyak menjual ponsel dengan harga yang tak jauh berbeda di tahun 2014 dan 2015. Sekarang, Huawei, Oppo dan Vivo, yang menjual produk di kisaran USD 250 justru dapat memperkuat posisi mereka di tahun 2016,” ujar Melissa Chau selaku Senior Research Manager IDC.

Untuk dapat mengalahkan Samsung dan Apple, atau setidaknya bisa bertahan di posisi masing-masing, IDC menyarankan bagi produsen asal China harus memikirkan bagaimana menguasai pasar AS dan Eropa Barat. Hingga detik ini, baru Huawei yang dapat melakukan hal tersebut, dan itulah yang membuat mereka populer di Eropa.

Baca Juga: