Twitter Akan Menyematkan Label Khusus Untuk “Iklan Politik”

Twitter Akan Menyematkan Label Khusus Untuk Iklan Politik

Seperti kita ketahui , platform sosial media Twitter merupakan media utama yang digunakan oleh tokoh politik dalam kegiatan komunikasi politik. Tidak jarang para politisi mengeluarkan pernyataan resmi melalui cuitan di media sosial Twitter.

Seperti diwartakan di laman CNBC, Selasa (24/10) Twitter menyatakan bahwa pihaknya dengan jelas akan memberi label khusus untuk iklan yang bermuatan politik. Dalam hal ini didefinisikan sebagai iklan yang digunakan untuk mempromosikan kandidat tertentu untuk jabatan terpilih atau partai politik tertentu selama pemilihan umum.

Twitter Akan Menandai Tampilan Iklan Bermuatan Politik

Iklan politik ini nantinya akan memiliki label berwarna ungu yang menandakan iklan tersebut merupakan iklan politik. Selain itu pengguna juga bisa melihat pihak mana atau siapa yang memasang iklan tersebut.

Baca Juga: Instagram Manfaatkan Kelemahan Twitter

Untuk memberikan transparansi kepada para penggunanya, Twitter juga akan membatasi kriteria iklan yang layak masuk kategori iklan politik serta memberikan tindakan tegas untuk semua pihak yang melanggar aturan baru tersebut.

Langkah startegis ini ditempuh setelah beredar isu bahwa pihak Rusia memanfaatkan media Twitter dan “mempengaruhi” hasil akhir dalam Pemilu Amerika Serikat tahun lalu. Kebijakan baru ini diberlakukan di Amerika Serikat dan akan diterapkan secara bertahap ke semua negara di seluruh dunia.

Baca Juga: