Divisi Mobile SONY, Satu Satunya Lini Bisnis yang Merugi

Divisi Mobile SONY, Satu Satunya Lini Bisnis yang Merugi

Dibawah kepemimpinan Kaz Hirai, Sony Corporation mengalami perjalanan panjang hingga akhirnya mendapatkan keuntungan tahunan tertinggi selama bertahun-tahun. Seperti diwartakan Engadget, laporan keuangan terbaru menunjukkan bahwa perusahaan berhasil membukukan pendapatan 18,25 miliar dollar dan meraup laba bersih pada kuartal ini sebesar 1,15 miliar dollar. Seperti biasa, dua lini bisnis yang menyumbang pendapatan terbanyak yakni produk PlayStation dan penjualan sensor kamera smartphone.

Tujuan perusahaan ke depannya adalah menjadikan Sony sebagai produk unggulan dalam industri game, imaging dan mobile. Namun nampaknya untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan mengahadapi kendala sengat besar, terutama untuk divisi mobile yang merupakan satu-satunya divisi Sony yang merugi pada kuartal ini.

Divisi mobile Sony mencatatkan kerugian sebesar 22,1 juta dollar, walaupun di sisi lain pesaing Sony yakni, LG Mobile mencatatkan kerugian yang lebih besar sekitar $331 juta pada periode yang sama. Penyebab utama kerugian divisi mobile Sony adalah angka penjualan ponsel yang buruk, dikombinasikan dengan lonjakan harga bahan baku.

PlayStation, di sisi lain, terus bersinar berkat kesuksesan penjualan di industri game dan konsol, dan membantu mendorong divisi tersebut untuk menghasilkan laba sebesar 484,3 juta dollar. Sekitar 4,2 juta unit PS4 berhasil terjual.

Lini bisnis Sony lainnya yakni divisi semikonduktor, yang memasok komponen sensor gambar untuk semua smartphone juga layak dibicarakan. Walaupun penjualan ponsel Sony tengah lesu, tapi untuk urusan penjualan sensor kamera Sony berhasil menarik pendapatan operasional sebesar 436,6 juta dollar. Beberapa komponen pasokan sensor buatan Sony berhasil “ikut” laris manis bersama penjualan ponsel flagship milik vendor lain.

Selain itu, berita gembira juga hadir dalam divisi perfilm-an. Sejak bermitra dengan Marvel untuk menghidupkan kembali Spider-Man, Sony Pictures berhasil meraup laba besar yang secara khusus terkait dengan kesuksesan film Spider-Man: Homecoming, yang membantu divisi ini menghasilkan laba 68,8 juta dollar.

Baca Juga: