Mengatasi Not Connection pada Google Play Store

Not Conection pada Google Play Store

Perkembangan teknologi Android identik dengan berbagai perbaikan pada sistem operasinya. Hal tersebut dikarenakan banyak bugs dan beberapa masalah lainnya pada tiap update Android. Selain itu, penyebab lain juga bisa dikarenakan untuk mencegah mudahnya sistem tersebut diretas dengan menggunakan teknik root, yaitu cara seperti jailbreak pada iPhone dengan meretas sistem sehingga seorang pengguna bebas melakukan banak modifikasi di dalam sistem mereka.

Terkadang root yang tidak berhasil menambah potensi bug yang lebih besar. Hal ini dapat memberikan kerusakan sistem baik secara permanen maupun sementara. Bagi Anda yang pernah mengalami kesulitan untuk masuk ke dalam play store padahal koneksi internet masih baik-baik saja, bisa saja itu adalah ulah dari bug yang ditimbulkan akibat root atau cacat upgrade dalam OS Android. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir tentang hal tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan koneksi internet.

Cara pertama

Biasanya koneksi yang tidak berhasil disebabkan karena banyak cache pada playstore. Untuk mengatasinya cobalah masuk ke dalam pengaturan atau setting. Setelahitu, carailah menu aplikasi dan pilih dengan cara menekan satu kali. Anda akan menemukan banyak aplikasi yang sedang berjalan atau terinstall di dalam memori telepon maupun kartu memori. Pastikan bahwa di tempat tersebut ada menu “semua”, kemudian klik. Pilih aplikasi play store dan clear cache. Anda dapat menjalankan fungsi kembali setelah memilih menu clear  data.

Cara Kedua :

Kesulitan koneksi juga bisa disebabkan oleh terhambatnya koneksi Anda kepada server (dalam hal ini telepon seluler maupun koneksi wireless). Untuk mengatasinya, Anda perlu mengikuti langkah yang cukup rumit. Pertama, masuk ke munu pengaturan. Setelah itu pilih menu nirkabel dan jaringan, pilih jaringan seluler. Cobalah untuk kilk nama poin akses. Pilih nama yang tercentang, kemudian hapuslah proxy yang tertera pada layar HP Anda. Sebagai langkah akhir, Anda kembali tekan menu dan simpan. Sebagai catatan, Anda juga perlu mencatat proxy.

Cara Ketiga :

Apabila kedua cara sebelumnya tidak kunjung berhasil, maka Anda perlu melakukan cara terakhir. Akan tetapi, sebelumnya pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan segala bahan yang termaksud dengan baik. Pertama, HP yang ada harus dalam keadaan root terlebih dahulu. Setelah itu, install aplikasi Root Explorer. Kemudian buka dan jalankan aplikasi tersebut. Masuklah ke /system/etc sambil mencari file host. Kemudian Anda tekan dan tahan file tersebut hingga keluar beberapa pilihan.

Pilih open in text editor. Jika menemukan ip address maka tugas Anda adalah menghapusnya (kecuali 127.0.0.1). Terakhir, pilihlah menu save dan exit. Semoga artikel Tips Mengatasi Not Conection pada Google Play Store Android bermanfaat untuk mengatasi permasalahan pada koneksi play store Anda.  Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga: