5 Ciri-Ciri Tanda Baterai Blackberry Rusak

5 Ciri-Ciri Tanda Baterai Blackberry Rusak

Salah satu smartphone yang banyak digemari oleh masyarakat adalah Blackberry atau disingkat BB. Beberapa tahun yang lalu, smartphone tersebut menjadi idola di kalangannya. Meskipun kini sudah banyak merk lain yang muncul, ia mampu tetap eksis di hati masyarakat. Smartphone dengan tipe seperti memberikan berbagai kemudahan dalam komunikasi dan media sosial.

Untuk mampu online dalam waktu yang lama, BB membutuhkan daya yang banyak. Sehingga tak jarang, si pemilik sering mengchas atau menggunakan power bank. Saat mengisi baterai Anda harus memperhatikan proses secara benar. Jika tidak, baterai BlackBerry bisa mengalami kebocoran bahkan kerusakan. Baterai yang telah bocor tentu akan lebih merepotkan Anda. Anda menjadi harus mengisinya berulang kali dan tidak leluasa dalam menggunakannya.

Untuk mengetahui apakah baterai BB Anda termasuk yang bocor atau tidak, berikut 5 ciri-cirinya.

Daya Baterai Kurang dari 4 jam

Tanda yang pertama dapat dilihat dari umur daya baterai. Tanda ini yang paling umum terjadi dan yang paling mudah terlihat. Jika baterai Anda hanya mampu bertahan kurang dari 4 jam berarti baterai telah bocor. Sebab baterai yang masih memiliki performa cukup baik adalah yang masih mampu bertahan selama 5 sampai 6 jam.
Suhu baterai

Baterai BB yang sudah bocor ditandai dengan keadaanya yang mudah panas. Hal tersebut harus diwaspadai terutama jika terjadi pada pemakaian yang baru sebentar. Namun ada juga yang beranggapan bahwa itu tidak bisa menjadi tanda utama. Anda perlu mewaspadai bila baterai cepat sekali menjadi panas.

Tanda 1 strip

Pada BB indikator banyaknya daya yang dimiliki ditunjukan oleh strip pada bagian atas layar. Apabila indikator menunjukan strip baterai tinggal 1 lalu BB langsung mati artinya baterai Anda bocor. Pada baterai yang masih baik dan indikator baterai menunjukan 1 strip, BB masih mampu bertahan. Dalam kondisi tersebut biasanya BB hanya memberikan peringatan tentang keadaan baterai yang sudah limit.

Tanda X

BB dengan baterai yang sehat akan memberikan tanda strip 4-5 di saat full. Jika indikator BB Anda menunjukan tanda X maka bisa jadi baterai mengalami kebocoran. Hal tersebut biasanya terjadi meskipun Anda sedang atau baru saja selesai mengisi.

Tanda petir

Ciri yang bisa juga muncul adalah adanya tanda petir pada indikator baterai. Jika itu terus saja muncul, cobalah menggunakan charger desktop saat mengisi. Hal tersebut dilakukan supaya baterai terpancing untuk terisi.
Berbagai ciri baterai BB bocor telah dijelaskan. Kebocoran biasanya terjadi karena terlalu sering mengisi baterai dan tidak langsung mencabut saat sudah terisi penuh. Kini Anda bisa mengetahui bagaimana baterai BB Anda. Jika terjadi pada baterai Anda cobalah berkonsultasi pada ahlinya atau langsunga saja menggantinya dengan yang baru. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: