5 Tips Memperpanjang Umur Baterai Ponsel

5 Tips Memperpanjang Umur Baterai Ponsel

Banyak merk ponsel saat ini berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama untuk memiliki teknologi paling up to date. Mereka menawarkan berbagai fitur yang dapat memanjakan sang pengguna. Berbagai aplikasi dan games pun juga mulai menjamur. Mulai dari aplikasi edit foto, kamera, music, dan aplikasi lainnya. Namun, banyaknya fitur dan aplikasi yang ditawarkan tidak dibarengi dengan kapasitas baterai yang baik. Kebanyakan smartphone memiliki kapasitas baterai yang masih cukup kecil sehingga ponsel dapat tiba-tiba mati saat digunakan yang tentunya sangat mengganggu. Lalu bagaimana jika baterai Anda hamper habis sedangkan tidak memungkinkan bagi Anda untuk mengisi daya? Berikut ini beberapa trik yang dapat Anda lakukan.

1. Mengatur Kecerahan Layar
Kecerahan pada layar ponsel biasanya dapat diatur sesuai yang kita inginkan. Namun ternyata, penggunaan atau setelan kecerahan layar juga berpengaruh pada usia baterai. Jika Anda menyetel dengan kecerahan maksimum maka baterai yang digunakan akan semakin besar dan boros. Jika ponsel Anda dilengkapi dengan sensor cahaya, maka Anda dapat menyetel dengan mode auto agar kecerahan layar ponsel Anda akan berubah secara otomatis sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitarnya.

2. Mempersingkat Timeout Layar
Smartphone membuat Anda ingin selalu menggunakannya, untuk sekedar main games atau berbalas pesan di media sosial. Saat Anda menggunakan ponsel, tentu layar akan menyala secara terus-menerus. Itulah salah satu hal yang membuat ponsel Anda boros baterai. Untuk itu, Anda perlu menyetel time out layar ke waktu yang lebih singkat. Misalnya setelah 5 detik tidak digunakan.

3. Mematikan Cek E-Mail Otomatis
Email adalah salah satu media perpesanan elektronik yang sangat sering digunakan untuk berbalas pesan secara lebih formal. Banyak informasi-informasi penting yang disampaikan melalui email. Jika Anda bisa mendapat notifikasi email secara real time maka semakin cepat dan mudah pula Anda mendapatkan berbagai informasi. Fitur ini lah yang menjadi salah satu andalan smartphone saat ini. Dengan fitur push-mail, Anda dapat menerima pembaruan email secara otomatis. Namun jika Anda menyalakannya terus-menerus tentu akan menjadikan konsumsi daya sangat boros. Cobalah sesekali untuk mengecek email secara manual atau setel push-email pada interval tertentu saja misalnya setiap 60 atau 90 menit sekali.

4. Mematikan Vibrasi (getar)
Banyak dari Anda yang lebih senang mengatur ponsel Anda pada mode diam atau getar saja. Mungkin saat sedang berada dalam suatu situasi yang formal seperti rapat, atau sedang berada dalam kelas. Namun perlu Anda ketahui bahwa member getaran pada ponsel Anda ternyata membutuhkan daya lebih banyak daripada Anda menggunakan rngtone.

5. Menyingkirkan Widget
Memasang widged pada layar ponsel Anda dapat meningkatkan konsumsi daya. Memang akan terlihat keren, namun jika tidak terlalu dibutuhkan lebih baik Anda hilangkan saja. Terlebih widget yang membutuhkan sambungan internet, akan lebih boros dalam konsumsi daya.

Baca Juga: