7 Cara Menjadikan Ponsel Awet Jangka Panjang

7 Cara Menjadikan Ponsel Awet Jangka Panjang

Ponsel merupakan jenis alat komunikasi yang paling penting. Hamper semua kalangan menggunakannya untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Teknologi ponsel yang semakin berkembang membuatnya ponsel tidak saja digunakan sebagai alat komunikasi namun juga sebagai media penyimpanan, media hiburan, bahkan ponsel juga dapat digunakan untuk membaca berita, artikel, bahkan buku. Lalu bagaimana jika ponsel Anda rusak dan tidak dapat digunakan? Kerusakan ponsel dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya yaitu penggunaan ponsel secara terus-menerus atau terlalu banyak aplikasi yang Anda gunakan dalam ponsel. Untuk menghindari kerusakan pada ponsel, Anda harus mempelajari hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat awet ponsel Anda.

1. Tutup dan Hapus Aplikasi Tidak Penting
Setiap ponsel memiliki kemampuan masig-masing dalam menjalankan aplikasi. Hal ini tergantung pada besarnya RAM pada ponsel Anda. untuk itu Anda perlu mengetahui seberapa besar kapasitas RAM ponsel milik Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan seberapa banyak aplikasi yang dapat Anda jalankan. Jika aplikasasi yang Anda terlalu banyak sehingga member bebean berlebih maka bukan tidak mungkin ponsel Anda menjadi lemot bahkan rusak. Untuk itu, atasi hal tersebut dengan mengurangi file dan aplikasi yang ada pada ponsel Anda.

2. Gunakan Pelindung Layar
Kerusakan layar tentu akan membuat Anda merasa terganggu. Selain mengganggu pandangan Anda dalam membaca pesan misalnya, kerusakan layar dapat menyebabkan kerusakan lainnya jika dibiarkan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat melakukan pencegahan yaitu dengan memasang pelindung layar ponsel.

3. Gunakan Casing HP
Bentuk dan ukuran ponsel yang relative kecil, membuat ponsel sangat mudah untuk jatuh. Bisa saja tidak sengaja Anda menjatuhkannya dari kantung, bahkan jatuh dari meja. Untuk membuat ponsel Anda lebih tahan terhadap benturan, sebaiknya pakailah pelindung body untuk ponsel milik Anda.

4. Hindari Update Software Terlalu Sering
Setiap ponsel pasti memiliki software dengan versi tertentu yang dapat di update setelah tersedia versi yang palin baru. Namun sebaiknya Anda jangan terlalu sering untuk melakukan update agar tidak terjadi masalah pada performa ponsel Anda. Update lah software Anda maksimal dua kali saja.

5. Matikan Secara Berkala
Seperti halnya alat elektronik yang lain. tidak mungkin dapat digunakan secara terus menerus. Seperti halnya manusia yang membutuhkan istirahat setelah bekerja seharian. Begitu juga dengan ponsel. Matikan ponsel minimal seminggu sekali untuk membuat umur ponsel Anda bertahan lebih lama.

6. Isi Ulang Baterai Ponsel Anda dengan Cara Tepat
Jangan biarkan daya ponsel Anda benar-benar habis untung memulai isi ulang. Sebaiknya Anda mulai mengisi daya ketika baterai telah tersisa 75%.

7. Manfaatkan Penyimpanan Data Online
Jika terlalu banyak data yang Anda simpan dalam ponsel, maka ponsel Anda akan terasa berat dalam menjalankan fungsinya. Dengan adanya media penyimpanan online, Anda dapat menyimpan data-data secara aman tanpa mengganggu performa ponsel Anda.

Baca Juga: