Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

Laptop Yang Terkena Air

Laptop adalah salah satu gadget yang sangat penting bagi semua orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, bahkan orang dewasa yang telah bekerja pun tidak bisa lepas dari gadged satu ini. Hampir semua pekerjaan dikerjakan dengan menggunakan laptop. Mulai dari membuat presentasi, laporan, desain grafis, berkirim email, hingga hiburan dapat dilakukan dalam satu alat ini. Namun apa jadinya jika laptop Anda kehujanan atau terkena air? Tentu semua akan menjadi berantakan, bukan? Nah, ketika laptop Anda terkena air, berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan.

  1. Matikan Laptop

Jika laptop Anda terkena air dalam keadaan on atau sedang digunakan, segera tutup semua aplikasi yang sedang Anda jalankan kemudian shut down dan pastikan semua aliran listrik tidak berjalan. Jika Anda sedang mengisi daya, cabut charger segera untuk menghindari arus pendek yang sangat mungkin terjadi.

  1. Balikan Laptop

Jika air mengenai permukaan laptop, balikkan laptop untuk mencegah air masuk menyebar hingga mencapai bagian mesin. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada yang dapat Anda lakukan karena laptop akan benar-benar rusak parah dan Anda harus mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaikinya atau bahkan Anda harus membeli laptop yang baru.

  1. Cabut Baterai

Segera cabut baterai sebelum air masuk dan mencapai baterai. Jika air sampai masuk ke baterai maka akan terjadi arus pendek dan merusak laptop Anda dengan sangat parah. Jika air telah mencapai permukaan baterai, segera bersihkan agar air tidak masuk dalam bagian baterai. Kerusakan baterai juga akan merugikan bagi Anda karena harga baterai yang lumayan mahal.

  1. Cabut Device Peripheral

Segera cabut USB dongle dan SD Card yang ada pada laptop. Jika terkena air device ini akan rusak dan bisa jadi tidak dapat digunakan lagi. Setelah dilepas, lap dan bersihkan dari air sampai benar-benar kering.

  1. Serap Lembab

Jika Anda mengetahui bahwa laptop Anda terkena air, segera cari tisu atau handuk yang dapat menyerap air dengan baik. Buka laptop Anda kemudian lap dengan handuk tersebut. Sebaiknya gunakan lap atau handung yang memiliki daya serap tinggi, kanebo misalnya.

  1. Lepaskan Komponen

Ada beberapa komponen dalam laptop yang dapat dilepas, diantaranya adalah hard drive dan RAM. Saat laptop Anda terkena air, Anda dapat melepaskan komponen tersebut untuk mencegah air masuk oada bagian hard drive dan RAM. Jika hal itu terjadi tentu laptop Anda akan mendapat kerusakan yang lebih parah bahkan mungkin tidak dapat digunakan lagi.

  1. Keringkan Laptop

Anda dapat mengeringkan laptop dengan membiarkannya selama 48 jam agar air yang masuk dapat keluar dengan sendirinya. Celah celah yang ada pada laptop memungkinkan air keluar dan udara dapat masuk untuk mengeringkan perangkat yang basah. Selain itu Anda juga dapat meletakkan baterai laptop pada wadah berisi beras untuk membantu penyerapan air dan mengurangi kelembaban.

Baca Juga: